Senin, 03 Mei 2010

Orbit Bumi "Perihelion dan Aphelion"

Orbit bumi melintasi matahari ternyata berbeda jaraknya, Sebelumnya saya mengira perbedaan jarak ini yang menyebabkan perubahan suhu di Bumi, namun ternyata tidak. Untuk selengkapnya silahkan di baca.


Sebelum saya masuk ke dalam pokok bahasan artikel ini, saya akan memperkenalkan 2 Istilah kepada anda,


Istilah

1. Perihelion : Perihelion adalah titik atau posisi di dalam orbit sebuah
                        asteroid, komet, dan planet yang terdekat dengan Ming 
                        (matahari).         
         
2. Aphelion   : Aphelion adalah titik atau posisi di dalam orbit sebuah
                        asteroid, komet, dan planet yang terjauh dengan Ming 
                        (matahari).  

Orbit Bumi  

Planet Bumi di Tata Surya ini mengorbit kearah Ming. Orbit yang hampir sempurna membentuk lingkaran di salah satu sudutnya. Inilah yang disebutoleh ilmuawan sebagai orbit elipsitis.
Jika orbit planet adalah bebrbentuk lingkaran, maka matahari berada di pusat lingkaran itu. Jika, sebaliknya. Orbitnya elips, Matahari berada disebuah di sebuah titik yang disebut “Fokus”. Dari elips, (bukan berada di pusatnya). Karena matahari tidak berada di pusat orbit elips, Planet bergerak lebih dekat menuju dan lebih jauh dari Matahari sebagai orbitnya.

Di tata surya ini Bumi mengorbit mengelilingi Ming setidak-tidaknya selama 365 hari atau satu tahun atau 12 bulan. Ketika Januari telah dimulai orbit Bumi mendekati matahari selama + /  - 6 bulan lamanya hingga sekitar akhir Juli.


Ketika Bumi berada  dalam fase  perihelion, jarak antara bumi dan matahari adalah sekitar 147 juta KM(91 Juta mil) dari Matahari. Sedangkan ketika bumi memasuki fase aphelion  jarak bumi dan matahari menjauh sampai 5 Juta KM atau sekitar 3 Juta mil.

Musim……………………..

Orang beranggapan bahwa aphelion dan perihelion mempengaruhi musim. Itu SALAH. Ketika bumi mencapai fase perihelion, mungkin anda berpikir bahwa itu adalah saat terpanas. Tetapi pada kenyataanya musim sama sekali tidak terganggu. Dibelahan bumi bagian utara pada bulan Januari-Pertengahan sedang menjalani musin dingin. Sebaliknya musim disebabkan oleh sumbu kemiringan bumi.

Beberapa planet memiliki orbit yang sangat jauh. Pluto , misalnya, lebih jauh dari Matahari di aphelion daripada di perihelion. Para astronom mengatakan bahwa orbit "elips” memiliki ketinggian Eksentrisitas, yang berarti panjang dan kurus, tidak bulat seperti lingkaran. Asteroid ,  Komet , dan pesawat luar angkasa juga mengelilingi Matahari dalam orbit elips. Mereka semua memiliki perihelion dan aphelion titik sepanjang orbitnya.


Look At This

7 komentar:

  1. Pantes kemaren2 panas banget, ampe gue keblingeran.

    BalasHapus
  2. keduax...
    hore, tampilanya sudah baik...
    saya sudah bisa baca tanpa mslah...

    jlek ah coz nma saya gak dsbeut2 dstu seb pnmu orbit bumi...



    wkwkwkwk just kidding...
    keren kok, justru mslah2 sderhana yg bgni itu yg di cri pnjelasannya...

    nice job gan...

    BalasHapus
  3. saya menambahkan, saya pernah baca perubahan orbit bumi terhadap matahari dapat dibedakan menjadi bermacam2 siklus, semakin pendek perubahannya berarti semakin pendek pula waktu siklus tersebut dan semakin kecil pula dampaknya pada iklim bumi. Dan sebaliknya, semakin besar perubahan orbitnya maka semakin lama pula siklus tersebut dan semakin besar pula pengaruhnya pada iklim bumi.
    saya pernah baca bahwa jaman es diperkirakan terjadi juga karena adanya perubahan orbit bumi, yaitu posisi bumi yg menjauh dari matahari dibandingkan orbit normal. Dan sebaliknya jika posisi bumi dapat menjauh maka dapat juga menjadi semakin dekat daripada orbit normal, dan ini mungkin yg terjadi sekarang yg manejadi salah satu penyebab pemanasan global.

    thanks

    BalasHapus
  4. @yuwono, Terima kasih bro, komen anda banyak membantu saya

    BalasHapus
  5. Jonathan Archer15 Juli 2010 05.50

    Menurut gw,panas2 belakangan ini selain krna orbit,ya krena aktifitas matahari jg,yg solar flarenya meningkat di siklus puluhan or ratusan tahun (gk tw juga).soalny dari gw kecil gk pernah berasa panasnya minta ampun kaya di tahun2 ini...penebangan pohon,polusi,rumah kaca,dll hanya membantu menaikkan suhu secara cepat,tp tetap aja terdakwa utama:matahari...

    BalasHapus
  6. ya memang benar. Soal orbit tidak terlalu berpengaruh. Saya baru menyadarinya, maaf atas keteledoran saya :D

    BalasHapus

Peraturan :

1.Berilah komentar yang beretitut, intelek, dan membangun. Mari ciptakan sikap toleransi antar SARA dan hindari Provokatif.

2.Silahkan Copy Paste tapi sertakan Linkback.