Thursday 24 June 2010

UNIVERSAL : Nessie, bukti HOAX

Nessie adalah seekor Cryptid yang masih menyimpan tanda tanya bagi kita semua. Dalam artikel ini saya mungkin lebih akan menekankan bahwa Nessie adalah sebuah Hoax. Entah mengapa saya merasa tidak ada kebenaran dalam cerita rakyat yang melegenda ini.

Nessie

Monster Loch Ness, terkadang disebut dengan Nessie (Bahasa Skotlandia: Niseag), adalah hewan misterius dan belum teridentifikasi, atau sekelompok hewan, yang dianggap mendiami sebuah loch di Skotlandia. Nessie biasanya dikategorikan sebagai monster danau.

Bersama dengan Bigfoot dan Yeti, Nessie adalah salah satu misteri yang sangat terkenal dar kriptozoologi. Sebagian besar ilmuwan dan para ahli lainnya menemukan bukti-bukti yang mendukung Nessie sebagaisesuatu yang dianggap hoax atau salah identifikasi. Akan tetapi, masih banyak orang yang menganggap hewan ini benar-benar ada, dengan teori yang paling populer menggapnya sebagai seekor plesiosaurus yang tinggal di danau loch ness.

(Banyak Kamera di sekitar danau Ness, Alangkah aneh jika tidak terdapat penampakkan Nessie yang tidak tertangkap)

Namun, nyatanya teori Monster Loch Ness yang dianggap sebagai Plesiosaurus, sepertinya tidak akan bisa menjadi bukti yang konkrit dan mutlak. Mengapa saya dapat berkata demikian?.

1.Hewan ini hidup pada masa Jurrasic(150-75 juta tahun lalu), Lalu jika hewan ini hidup pada masa selama itu dan masih tersisa hingga sekarang atau setidak-tidaknya beberapa abad lalu, pasti akan ditemukan sisa kehidupannya di sekitar lokasi.

2.Dalam jangka waktu yang begitu lama, sejak kemunculan pertama. Plesiosaurus pasti dapat melakukan reproduksi, tapi seperti yang diketahui sepertinya kisah ini menjadi sesuatu yang endemik dan menjadikan Nessie sebagai makhluk tunggal.

3.Aneh sekali jika Plesiosaurus bisa bertahan ketika “Ice Age” melanda bumi. Seperti yang diketahui kadal tidak mempunyai struktur pertahanan tubuh yang sekompleks mamalia.

Contoh : Pada suhu Panas mamalia(Manusia) akan mengeluarkan keringat sebagai pengatur suhu tubuh, namun pada reptil mereka akan mencari suatu sumber(dingin) seperti air untuk menormalkan suhu tubuh mereka.

Dapat dibayangkan bagaimana suhu di Scotland ketika Ice Age, kemanakah mereka akan pergi. Karena danau ini membeku sekitar 20000 tahun sebelum datangnya ice age.   
             

 4. Jika makhluk mirip dengan plesiosaurs tinggal di perairan Loch Ness, mereka akan terlihat sangat sering karena mereka akan muncul ke permukaan beberapa kali sehari untuk bernapas.
 5. Pleiosaurus adalah hewan laut bukan air tawar. 

 

Bukti-Bukti yang Membantah Keberadaan Nessie

Kebohongan 

Kebohongan yang paling menggemparkan adalah foto yang dibuat oleh Dr.Robert Kenneth Wilson pada 19 April 1934. Foto ini menampakkan sosok nessie secara jelas. Di situ nessie terlihat sedang menyembul dari permukaan air dengan menampakkan kepala dan lehernya yang panjang. Dari foto itu, berkembanglah berbagai dugaan tentang apa sebenarnya Nessie ini. Namun, ada juga yang meragukan apakah Nessie benar-benar ada.

Orang-orang yang meragukan adanya nessie, antara lain, Alastair Boyd dan temannya David Martin. Mereka berdua menganggap foto Wilson palsu. Martin berhasil menemukan bukti bahwa foto Wilson sesungguhnya hanya lelucon saja.

Setelah diselidiki, foto itu ternyata dibuat oleh Duke Wetherell dan putranya Ian. Nessie yang mereka foto pun palsu. Monster itu dibuat oleh putra tiri Duke yang bernama Spurling.

Foto nessie palsu itu diserahkan Duke pada temannya, Chambers. Duke meminta Chambers membujuk Dr. Wilson agar menjualnya ke koran Daily Mail atas nama Dr. Wilson. Duke Wetherell sengaja memasukkan foto nessie itu untuk membalas dendam pada perusahaan koran Daily Mail. Koran Daily Mail telah menulis berita yang membuat Duke Wetherell malu.

 

Foto Nessie yang mereka klaim

Pada tahun 1994, Martin berhasil menemui Spurling. Martin mengorek keterangan dan mendengar pengakuan Spurling tentang foto itu. Saat ditemui Martin, Spurling sudah berumur 93 tahun dan dia merasa bersalah telah membohongi banyak orang.

Kesalahan Identifikasi

Banyak bukti yang bisa diambil namun, saya akan mencantumkan bukti yang paling kuat.

1.Gajah

Dalam sebuah artikel tahun 1979, California. Ahli  biologi Dennis Power dan geografi Donald Johnson mengklaim bahwa foto Surgeon's sebenarnya bagian atas kepala, diperpanjang batang dan berkobar lubang hidung gajah yang berenang, mungkin difoto di tempat lain dan mengaku berasal dari Loch Ness.  Pada tahun 2006, palaentoloigis dan artis Neil Clark juga menyatakan bahwa perjalanan sirkus mungkin telah memungkinkan gajah untuk menyegarkan diri di danau tersebut. Sehingga memberikan penampakkan leher dan kepala seekor Nessie.


2.Berang Berang

Saya telah membuat sebuah sketsa yang memungkinkan bahwa Berang-berang, merupakan salah satu aktor dibalik penampakkan nessie




                           

Perhatikan Objek sebagai ekor berang-berang

3.Pohon

Pada 1982, artikel untuk New Scientist , Dr Maurice Burton mengusulkan bahwa penampakan Nessie dan makhluk serupa sebenarnya adalah batang  pinus Skotlandia yang naik ke permukaan air.


Ilustrasi

Bukti yang Dibantah

1.Gigi Nessie

 

Pada Maret 2005: Dua mahasiswa Amerika mengunjungi Skotlandia mengklaim telah menemukan sebuah gigi besar (mungkin milik Nessie) diseekor bangkai rusa . Namun, ketika meraka mengatakannya kepada seorang sipir gigi tersebut disitanya. Kemudian atas kejaian itu mereka mebuat sebuah website untuk mempublisitaskan bukti mereka. Namun para ahli hewan mengidentifikasi gigi-gigi itu dari gambar sebagai tanduk dari rusa roe muntjac. Kisah website dan atas kemudian berubah menjadi sebuah aksi publisitas untuk sebuah novel horor oleh Steve Alten berjudul The Loch.

2. Fosil Nessie 


2 Juli 2003: Gerald McSorley, seorang pensiunan Skotlandia, menemukan bagian fosil dari vertebra Plesiosaurus ketika ia sengaja tersandung dan jatuh ke teluk. Penggemar Nessie penggemar berspekulasi fosil mungkin berasal dari nenek moyang rakasa tersebut. Namun menurut pemeriksaan fosil, benda itu baru berada dilingkungan laut atau sengaja ditanam.

3. Foto Nessie


21 Mei 1977: Doc 'Anthony' Shiels mengklaim bahwa ia mengambil gambar ini saat berkemah di samping Urquhart Castle. Photo ini terlihat mengejutkan. Namun, Makhluk ini terlihat jelas palsu, karena keanehannya tidak ada riak-riak air disekitar leher objek.

Bangkai Nessie

Di Inggris

Penemuan tubuh Nessie pernah ada pada tahun 1972 dengan panjang 15, 5 feet di Loch Ness. Namun ternyata itu adalah bahan lelucon ( April Moop)

Di Jepang

 

Mengenai bangkai diatas memang memiliki fisik yang seperti Plesiosaurus, namun setelah bangkai ini diteliti melalui sampel jaringannya dia lebih merujuk ke specimen Hiu. Hewan ini juga telah menyebarkan salah tafsir sehingga disebut "pseudoplesiosaur". Untuk kemungkinan mungkin ini adalah hiu raksasa yang membusuk atau mungkin juga seekor Megalodon :D.

Keberadaan Nessie yang tidak Mungkin

 

C= hewan yang tidak diketahui
Kemungkinan penampakkan Nessie yang diklaim orang
(Di Montana)

Oke, sebelum membahas pokok permasalahan pada peta saya akan mem "Flash Back" sejarah Nessie. Nessie pertama kali muncul tahun 565, lebih dari 1450 tahun lalu, ditemukan dalam tulisan Adamson tentang dinosaurus danau Ness. Pada tahun 1933 jalan disekitar Danau Ness bi buka, banyak orang berdatangan kesana, orang yang melihat Nessie pun bertambah. Tahun 1934, menurut seorang nelayan bernama Campbell panjang lehernya 1, 8 meter dan seluruh tubuhnya sekitar 90 meter. Pada tahun yang sama, foto Nessie pertama dibuat "Kenneth Wilson". Masih ditahun yang sama Arthur Grand, Melihat Nessie naik ke darat, karena tersorot lampu sepeda motornya.


Bentuk penampakkan Nessie
Untuk kisah penampakkan Nessie partama kali, saya masih belum berani berspekulasi. Namun untuk kisah yang lainya saya akan mencoba untuk menjawabnya.

Mengenai penampakkan Nessie yang sangat banyak, saya berani menyatakan itu sebagai hoax. Mengapa?, karena diantara banyak penampakkan seperti yang telah saya tuliskan sebelumnya. Banyak ilusi seperti fatarmorgana yang mempengaruhi penglihatan. Dan anehnya di banyak penampakkan tidak ditemukan satu bukti nyata pun, padahal berapa banyak wisatawan dan riset-riset yang dilakukan disana.

Photo, banyak spekulasi tentang ini, salah satunya adalah photo seringkali menangkap objek yang sebetulnya tidak ada menjadi ada, seperti Hantu dan juga banyak oknum-oknum yang melakukan ilusi optik atas itu. Seperti penjelasan yang saya tulis diatas.

Penutup

Kemungkinan Nessie

1. Nessie benar-benar ada, Namun bukan saat ini

2.Orang yang terlalu bersemangat untuk percaya bahwa legenda Nessie ada sehingga  menafsirkan setiap gerakan yang tidak biasa atau bentuk dalam air sebagai Nessie.

3. orang berbohong tentang apa yang mereka lihat

4. Salah lihat(kayu, Perahu dll)

Semua kesimpulan berada pada komentar anda, saya meminta maaf jika artikel ini lebih merujuk kepada pembuktian ketidakadaan Nessie. Namun, jika saya berubah pikiran tentang keberadaanya tentu saja saya tidak akan fanatik untuk mempercayai teori salah saya. 

Terima Kasih :D


Source : www.museumofhoaxes.comwww.paleo.cc,  en.wikipedia.org

Notes : Artikel ini punya beberapa kesalahan tetapi sudah saya perbaiki (hanya pada bagian gambar)

25 comments:

  1. terima kasih atas pencerahannya bro. selama ini saya sudah yakin bahwa ini cuma hoax, tapi anda pertegas lewat tulisan ini.

    |syamz|

    ReplyDelete
  2. Wah bisa2 kamu di demo abis2an nih ma penggemar nessie..Hehehe.Mantep banget penjelasannya....Menarik banget tulisannya.Keep posting bos....
    *sweetvodka*

    ReplyDelete
  3. Hebat, bisa nulis sepanjang dan sedetail ini.

    ReplyDelete
  4. waw,,,,, aq suka pendapat qm ,,,,,, udah lma jg aq berpendapat, mungkin kalau gmbar Loch Ness itu adalah sebagian tubuh gajah(belalai) yang sedang berenang u/ mendinginkan tubuh,,,,,,,,, saya sangat berterima kasih karena ad juga orang2 yg berpendapat sama spt saya......
    artikel2nya tambah keren,,,,,,,!!! ^^

    ReplyDelete
  5. Kemungkinan kelima orang yang ingin membuat sensasi, he..he..he

    ReplyDelete
  6. @Syamz, Yupz, Thanks juga bro.

    @sweetvodka, Entar kalau saya didemo, saya numpang kerumah anda ya? :D

    @enigma, mampir juga nih bang, Thanks ya... :D

    @Anonim, Terima kasih bro

    @Vahn, mungkin maksud kamu yang tragedi 1934 :D,
    Itu bukan cari sensasi, lebih tepatnya karena motif balas dendam.

    ReplyDelete
  7. drop_horizon

    tapi apa munkin gajah berenang di danau lock ness ....
    bukannya di scotland gx ada gajah............
    kalo berang-berang masa yg diliat ekornya aja bukannya deskripsi nessy itu lehernya panjang banget kalo ekor berang berang kan pendek......
    kalo batang pinus apa di sekitar danau lock ness banyak batang pinusnya ya ...
    lagipula kalo batang pinus mati kan masih ada tu ranting nya walau dikit...........

    ReplyDelete
  8. drop_death

    kalo salah identifikasi masa:
    gajah berenang buat menyegarkan diri ..
    kalo ada gajah berkeliaran kayak gitu bukannya langsung di tangkep & bukannya di skotland itu gx da gajah slaen di kebun binatang yaa.....

    kalo berang-berang yang lagi mau nyelem kayaknya bukan....
    kalo berang berang mau nyelem kayak sketsa di atas bukannya terlalu pendek & kecil beda sama deskripsi kpala nessy yang panjang & gede........

    kalo batang pinus yang mati bukannya masih ada rantingnya ya walau sdikit .................

    ReplyDelete
  9. kalo orang ingin dikenal yach gitcu deh caranya bikin sensasi,.. tapi bagus juga jadi pelajaran buat kita untuk tidak langsung percaya pada suatu berita... trim's

    my blog.
    BANDUNG Paris van Java With Love: Wisata Alam
    ikhwancreative

    ReplyDelete
  10. nice post bro..
    oh ya, saya bukan penggemar nessie dan ngga berniat ngebantah.. saya hanya mau bertanya dikit..

    "Dapat dibayangkan bagaimana suhu di Scotland ketika Ice Age, kemanakah mereka akan pergi. Karena danau ini membeku sekitar 20000 tahun sebelum datangnya ice age"

    bro, untuk yg ini ada referensinya? karena siapa tau pada taun segitu danaunya blum ada dan baru terbentuk setelah ice age..
    hehe, memang sih bro mencantumkan source, tp tanpa link.. kayanya kl ngubrek2 the whole situs agak kurang praktis..
    maaf bro, hanya saran.. lebih bagus kl langsung dicantumkan linknya, jadi sekali klik langsung ke source yg dimaksud.. ^^

    oh ya, mengenai ini: " 5. Pleiosaurus adalah hewan laut bukan air tawar. "
    well, nessie merupakan pleiosaurus, saya rasa itu hanya anggapan, jadi belum tentu benar..
    kalaupun mungkin nessie memang ada, pleiosaurus adalah hewan laut (air asin) maka yg ada di danau loch ness itu bukanlah pleiosaurus..
    atau, kalaupun mungkin nessie memang ada, dan memang pleiosaurus, maka pleiosaurus tsb beradaptasi terhadap perkembangan jaman.. dan terpaksa hidup di air tawar..

    CMIIW bro.. ^^

    ReplyDelete
  11. @drop_horizon dan drop_death

    Masalah gajah

    Sudah saya terangkan, kemungkinannya adalah Gajah Sirkus bukan gajah liar. Untuk penangkapan saya rasa tidak akan dilakukan karena mengingat gajah tersebut milik sirkus.

    Mengenai ekor berang-berang

    Ekor berang-berang rata sekitar 40 cm ada kemungkinan lebih(gambar diatas ilustrasi), Anda bisa melihat perbandingan antara gambar 1,2 ,3(begian berang2) semuanya hampir mirip.

    Mengenai pohon pinus

    Untuk pertanyaan ini saya ingin mengucapkan terima kasih kepada anda. Saya lupa menyisipkan kata ilustrasi, karena memang saya tidak menemukan gambar tersangka dalam bentuk pohon.

    Lalu mengapa ranting tidak terlihat

    Pohon ini telah melewati masa pembusukkan, dan mengapa tidak terlihat ranting walau sedikit. Seperti yang saya katakan di penutup

    "Orang yang terlalu bersemangat untuk percaya bahwa legenda Nessie ada sehingga menafsirkan setiap gerakan yang tidak biasa atau bentuk dalam air sebagai Nessie."

    ReplyDelete
  12. @Usman, sekali lagi saya tegaskan mereka tidak mencari sensasi, tetapi karena motif balas dendam :D

    @Anak kucing, maaf bro saya tidak menyertakan linkbacknya

    Oh ya saya akan coba jawab pertanyaan kamu yang kedua dulu ya

    Saya mengambil contoh Plesiosaurus, karena dia adalah aktor terbesar dibalik penampakkan Nessie.

    Mengenai pertanyaan pertama dapat dilihat di sini

    http://en.wikipedia.org/wiki/Loch_Ness_Monster

    ReplyDelete
  13. Oooh.. Aaah.. (Kehabisan kata2 karena kagum)
    T-O-P bgt!
    >3<

    ReplyDelete
  14. nice info bro.. tapi dari ulasan diatas semua masih merupakan perkiraan ato masih melibatkan persepsi.. jadi blom bisa dipastikan bahwa nessie danyalah sebuah hoax.... peace...

    ReplyDelete
  15. @Harits, Lebay :D hahahahahhaha

    @Agcit, untuk sebagian memang teori, tapi teori ini saya lakukan dengan metode Studi Pustaka, bukan tanpa sumber. Kemudian untuk sebagian lainnya adalah fakta.

    ReplyDelete
  16. Mohon pencerahannya ya bro... asli gw juga masih bingung sama nessie ini..
    kalo nessie memang Hoax seperti judul artikel ini seharusnya pada :
    bagian Penutup
    "Kemungkinan Nessie"
    1. Nessie benar-benar ada, Namun bukan saat ini
    2. ....
    3. .....
    4. .......
    bagian ini seharusnya gak dicantumin kan...
    peace.. no offence.. cuman bagi pendapat doang..

    ReplyDelete
  17. Maksud anda bagian yang no. 1,
    Saya mencantumkannya, karena mungkin ada hewan yang serupa dengan Nessie yang ada disana dahulu(Zaman Dinosaurus) atau setidak-tidak beberapa tahun sesudah kepunahan mereka, mengingat Scotland dulu masih merupakan dataran Pangea

    ReplyDelete
  18. aku pernah liat video tentang hoax kyk gini, kata ahli sih, orang bisa salah lihat/ceritanya dilebih-lebihkan saat berada di Loch Ness. Ahli udah nyoba riset kyk gini :
    mencelupkan batang kayu menyerupai nessie ke Loch, dan gerakannya dibuat kayak nessie yg lagi renang. terus wisatawan yg ngeliat itu diwawancarai sama tim riset. kata wisatawan itu dia baru aja liat nessie. waktu disuruh nggambar penampakan yg diliatnya, gambarnya dilebih-lebihkan, yaitu nambahin badannya nessie, padahal yg harusnya kelihatan cuma kayak lehernya aja.

    Nah waktu model nessienya tadi dicoba di danau laen, orang2 yg lihat ini diwawancarain lagi. kata orang2 itu cuma batang kayu yg hanyut. Nah loh, padahal bentuknya sama kayak yg di Loch Ness tadi.

    jadi kesimpulannya, tergantung tempat pengelihatannya. Kalo kita liat di Loch Ness, kita bakal nyebut benda aneh yg muncul di permukaan air itu adalah nessie, padahal kalo diselidiki belum tentu itu nessie.

    Sorry kalo komen gw panjang bgt. Thx

    ReplyDelete
  19. Seeeeppp, Mantap!!! thanks ya, Saya juga meragukan Nessie

    ReplyDelete
  20. Top Man top markotop

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gua percaya nessie gu gde skan foto nessie

      Delete
  21. kerennnnnnnnnnnnn.....
    jdi gag mikir macem" lagii krna dah jelas smw naa
    maksih

    ReplyDelete

Peraturan :

1.Berilah komentar yang beretitut, intelek, dan membangun. Mari ciptakan sikap toleransi antar SARA dan hindari Provokatif.

2.Silahkan Copy Paste tapi sertakan Linkback.