Sunday, 6 June 2010

UNIVERSAL : Kontroversi Fenomena Crop Circle

Kumpulan tanaman dalam skala besar yang membentuk suatu pola-pola unik dan aneh atau secara harafiah lazim disebut sebagai Crop circles. Fenomena ini banyak sekali mendapatkan perhatian dari sekian juta manusia dari seluruh penjuru dunia. Crop Cirles sering sekali dihubung-hubungkan dengan fenomena yang dihasilkan oleh aktivitas-aktivitas yang disengaja ataupun oleh gejala alam. Benarkah begitu.


Crop Circles dalam sejarah


Crop Circle merupakan fenomena alam penuh misteri yang sampai saat ini paling sering di jumpai. Sudah hampir 350 tahun semenjak kemunculannya pertamakali di Inggris pada tahun 1647, sampai sekarang belum ada jawaban yang pasti bagaimana cara mereka terbentuk.
Crop circle sendiri adalah lingkaran aneh yang sering terbentuk diatas ladang gandum(biasanya pada musim semi dan panas) , uniknya lingkaran-lingkaran yang bentuknya sangat sempurna dan memiliki tingkat kerapian dan ketelitian yang tinggi tersebut terbentuk dalam waktu sekejap saja.Lingaran-lingkaran pada crop circle biasanya terbentuk dengan dimensi yang lebar dan besar.

Crop Circle banyak muncul di daerah pertanian-pertanian gandum dan beberapa pada ladang lainnya. Amerika,Inggris,Rusia,Australia,dan sebagian Asia. Namun sebagian besar banyak ditemui di Inggris terutama di Kota Winchester. Yang menarik dari Crop Circle adalah macam-macam bentuk dari lingkarannya,bahkan penampakannya tidak hanya berupa lingkaran saja,namun sempat beberapa kali Crop Circle membentuk citra makluk hidup seperti kalajengking,bunga matahari,Lebah,dll.
Sampai saat ini,banyak spekulasi dan pandangan mengenai peroses terbentuknya Crop Circle. Ada yang beranggapan fenomena tersebut memang dibuat oleh manusia,tapi ada pula yang beranggapan murni dari proses gejala alam.

Lingkaran aneh nan misterius di ladang gandum adalah fokus yang selalu menarik perhatian dan penelitian dari kalangan ilmuwan, dan hingga kini belum ada kesimpulan atas sebab terjadinya fenomena tersebut, saat ini terdapat
 6 versi utama.

1.Medan magnet

Sebagian lingkaran aneh tersebut telah dikesampingkan kemungkinannya terjadi karena ulah manusia. Sebab struktur gambar mereka (lingkaran aneh) yang rumit, ukurannya yang besar, desain yang indah, sama sekali bukan hasil buatan manusia yang dapat dikerjakan dalam waktu semalam. Meskipun Anderro bersikeras mengatakan bahwa 80% lingkaran ladang gandum itu adalah buatan manusia, namun, dia juga yakin, bahwa 20% sisanya adalah pembentukan alami karena efek medan magnet bumi. Dalam medan magnet terdapat suatu daya gerak yang gaib, dapat menghasilkan suatu arus listrik, sehingga tanaman “berbaring datar” di atas permukaan tanah.

Ahli terkait asal AS yakni Jeffery Walson telah meneliti 130 lebih lingkaran ladang gandum, dan didapati bahwa 90 % disekitar lingkaran aneh tersebut terdapat transformator yang berhubungan dengan kabel tegangan tinggi. Di bawah panjang garis keliling sepanjang 270 meter tersebut terdapat sebuah kolam, oleh karena di-airi, maka ion yang dikeluarkan tanah dari bagian dasar ladang gandum dapat menghasilkan elektrik negatif, sedangkan transformator yang dihubungkan dengan kabel tegangan tinggi menghasilkan elekrik positif. Setelah elektrik negatif dan positif bersentuhan dapat menghasilkan energi magnet listrik, selanjutnya merobohkan gandum lalu membentuk lingkaran aneh.

Namun demikian mereka belum bisa memberikan seluruh jawaban dari pertanyaan bagaimana bentuk-bentuk aneh itu dapat terbentuk? Apakah mungkin energi dapat berbentuk bunga atau kelajengking? Saya rasa itu tidak mungkin!.

2. Cuaca

Menurut fisikawan dari Universitas Michigan, AS yakni Dr.Delon Smith, bahwa perubahan musim panas tidak menentu, angin tornado adalah sebab utama yang menyebabkan lingkaran aneh itu. Melalui risetnya dia mendapati, bahwa sejumlah besar lingkaran aneh di ladang gandum yang muncul di sisi gunung atau daerah yang berjarak 60-70 km dari gunung, dimana tempat seperti ini adalah tempat yang mudah sekali membentuk angin tornado.
Kutipan
Beberapa orang telah menyarankan bahwa lingkaran tanaman adalah hasil dari fenomena meteorologi yang luar biasa. Hipotesis ini mungkin berasal dari publikasi 1880 di Nature oleh peneliti dan ilmuwan amatir John Rand Capron. Bagian dari publikasi muncul dalam edisi Januari 2000 Journal of Meteorologi :


John R. Capron
“The storms about this part of Western Surrey have been lately local and violent, and the effects produced in some instances curious. Visiting a neighbour's farm on Wednesday evening (21st), we found a field of standing wheat considerably knocked about, not as an entirety, but in patches forming, as viewed from a distance, circular spots... I could not trace locally any circumstances accounting for the peculiar forms of the patches in the field, nor indicating whether it was wind or rain, or both combined, which had caused them, beyond the general evidence everywhere of heavy rainfall. They were suggestive to me of some cyclonic wind action...
“Badai tentang bagian dari Western Survey akhir-akhir ini telah lokal dan kekerasan, dan dampak yang dihasilkan dalam beberapa kasus aneh. Mengunjungi peternakan tetangga pada Rabu malam (21), kami menemukan bidang gandum berdiri jauh mengetuk terlentang, bukan sebagai suatu keseluruhan, tetapi dalam membentuk patch, seperti yang dilihat dari kejauhan melingkar, ... Aku tidak bisa melacak secara lokal apapun keadaan akuntansi untuk bentuk-bentuk aneh dari patch di lapangan, tidak menunjukkan apakah itu angin atau hujan, atau keduanya digabungkan, yang menyebabkan mereka, di luar bukti umum di mana-mana hujan lebat.Mereka sugestif kepada saya beberapa tindakan angin berhubung dgn topan ...”
Tapi apakah angin tornado dapat membuat lingkaran dengan ketelitian tertentu tersebut? Saya rasa tidak Mungkin!!!, Karena Crop Circles bukan akan membentuk pola indah malah akan mengalami kehancuran.
Tidak Masuk Akal
3. UFO dan Alien

Banyak yang meyakini, bahwa sebagian besar lingkaran aneh di ladang gandum terbentuk dalam waktu satu malam, besar kemungkinan adalah hasil karya makhluk luar angkasa. Sejak 1990, fotografer Alexander mengatakan, dia melihat cahaya yang ganjil di ladang gandum, cahaya itu terbang kesana-kemari di antara kedua lingkaran aneh. Keberadaan alien di perut bebek liar di San Franscisco AS barangkali memperkuat dugaan ini.


Lihat wawancara Alexander : Klik Enter



Secara Pribadi saya tidak yakin dengan teori ini? Lagi pula kenapa alien jauh-jauh datang Cuma mau gambar?


4. Paranormal


Sejak muncul di media pada 1970-an, Crop Circles telah menjadi subyek spekulasi oleh berbagai paranormal , ufological , mulai dari proposal yang mereka ciptakan oleh fenomena meteorologi aneh untuk pesan dari luar angkasa.  Lokasi crop circles banyak terjadi didekat objek  kuno seperti situs Stonehenge dll. Telah  menyebabkan banyak kalangan New Age berspekulasi keberadaan mereka(crop Circles) dalam hubungannya dengan garis Hadley . 

Beberapa pendukung New Age sering kali mengkait-kaitkan crop circles dengan hipotesis Gaia , menyatakan bahwa "Gaia", bumi, sebenarnya hidup dan Crop circles adalah pesan atau respons terhadap rangsangan seperti pemanasan global dan Polusi.


Namun, hipotesis Gaia bukanlah ilmu paranormal, melainkan berasal dari para ilmuwan akademik. 
Notes : Keterangan Hipotesis Gaia (ENTER), New Age(ENTER).
5.Tanaman Abnormal

NODE BENDING, which may (depending on the age of the crop when formation occurred & time elapsed since then) or may not be indicative of the genuine phenomenon.


Expulsion cavities in older, mature barley plants.

Sample plants with apical node elongation and  extreme bending, in wheat from a Maryland, USA crop formation. 


Secara kebetulan saya menemukan web yang sangat berbeda dengan pembahasan Crop Circles, namun ternyata memberikan gambaran kesamaan terhadap ciri-ciri fenomena Crop Circles

6. Manusia

Cukup banyak yang beranggapan, bahwa apa yang disebut lingkaran ladang gandum itu tidak lebih dari perbuatan iseng seseorang. Menurut ilmuwan Anderro dari Inggris yang telah menyelidiki sekaligus meneliti fenomena tersebut selama 17 tahun lamanya, bahwa ada sekitar 80% lingkaran ladang gandum itu merupakan buatan manusia. Seorang warga Inggris pernah menuturkan kepada media massa, bahwa dia dan beberapa temannya adalah pembuat lingkaran ladang gandum di London, Inggris. Sebelumnya mereka telah mempersiapkan gambar desain, ketika gandum di ladang hampir matang, dengan sebuah paku panjang dipantakkan di ladang gandum, dan paku itu dijadikan sebagai pusatnya, selanjutnya, melingkari permukaan tanah dengan tali, lalu muncullah sebuah lingkaran ladang gandum.



Sebuah Pengakuan

Bower dan Chorley
Pada tahun 1991, dua orang dari Southampton , Inggris , mengumumkan bahwa mereka telah memahami gagasan ini sebagai suatu olok-olokan(HOAX) di sebuah pub dekat Winchester, Hampshire . Terinspirasi olehTully Saucer Nests1966, Doug Bower dan Dave Chorley membuat lingkaran panen itu dengan papan, tali, dan kawat topi sebagai alat: menggunakan papan sepanjang 4 kaki yang melekat pada tali, mereka dengan mudah menciptakan lingkaran berdiameter delapan kaki. Kedua pria ini mampu membuat lingkaran 40 kaki (12 m) dalam 15 menit.


Doug Bower dan Dave Chorley

Secara pribadi dan untuk saat ini Crop Circles masih menympan misteri yang belum terpecahkan. Namun, jujur saja saya lebih meyakini teori yang keenam. Namun, ini semua tergantung pada presepsi kita masing-masing.
Jawaban Astrobilogist

What is your take on crop circles? I hear they are from an extra-terrestrial source. Do you have any links to a scientific explanation of this phenomenon?

"Crop circles are made by people as a prank. This question is easy to answer, since the original perpetrators have told about what they did and demonstrated how they did it. Two useful web references are “crop circle” in Wikipedia [http://en.wikipedia.org/wiki/Crop_circle] and in The Skeptic Dictionary [http://www.skepdic.com/cropcirc.html]. "


David Morrison
NAI Senior Scientist

September 14, 2009



Lihat Video cara membuat Crop Circles Klik Enter
Bagaimana dengan Pendapat anda, ?

Notes : Baca juga ke Nalar

8 comments:

  1. Mungkin saja mereka tidak hanya datang untuk menggambar saja
    tetapi juga datang untuk memberikan sebuah tanda atau ramalan bagi umat manusia melalui CC

    ReplyDelete
  2. Cool bro. Artikel yang menarik.

    ReplyDelete
  3. @John dan enigma, yoi!! Thank's

    ReplyDelete
  4. @Anonim, kalau kata-kata saya ini " Lagi pula kenapa alien jauh-jauh datang Cuma mau gambar? ". Itu cuma kata-kata selingan.

    Tapi saya memang lebih yakin dengan teori ke-6 dalam beberapa hal.

    ReplyDelete
  5. Hahaha..Di tempat saya banyak tuh padi - padi yang merunduk, beberapa bahkan membentuk sebuah pola, kebetulan ? mungkin saja..

    ReplyDelete
  6. Myheart2105 berkata...

    Kalo aq seyh prcya krn krjaan orang isenk..plus dpet duit..hehe..^^

    ReplyDelete
  7. @@Myheart2105, saya juga lebih condong ke teori itu

    ReplyDelete

Peraturan :

1.Berilah komentar yang beretitut, intelek, dan membangun. Mari ciptakan sikap toleransi antar SARA dan hindari Provokatif.

2.Silahkan Copy Paste tapi sertakan Linkback.