Sunday 15 August 2010

UNIVERSAL : Apa itu Makhluk Misterius yang Terdampar di pantai Guinea

Mungkin berita ini sudah sangat basi dan melewati masa kadaluarsanya. Namun walaupun sudah berjalan tiga tahun lebih, ternyata masih belum ada yang berspekulasi apa hewan  yang terdampar di pantai Guinea tersebut. Demikian juga dengan saya. Saya juga tidak tahu mengenai hewan apa yang ada dalam foto hewan yang terdampar di pantai Guinea, namun ternyata pseudosains sudah menjawabnya dengan kategori Cyrptozoology

Jika diantara pembaca adalah seorang KASKUSER, maka kemungkinan pembaca mengetahui berita ini sebelum saya mepublishnya.

Berikut kutipan yang tertera di KASKUS.
"Pada tanggal 14 Mei tahun 2007, penduduk sekitar pantai Guinea, Afrika Barat dikejutkan dengan terdamparnya seekor Monster aneh yang tidak dikenal. Makhluk ini berada dalam kondisi hampir membusuk yang mengindikasikan bahwa makhluk ini telah mati sebelum terdampar. Makhluk ini memiliki empat kaki sirip, ekor dan bulu-bulu yang panjang. Para ilmuwan yang menyelidiki mengatakan bahwa makhluk ini pernah terlihat sebelumnya, namun hingga saat ini jenisnya masih belum terklasifikasi oleh sains modern."
 


Penjelasan Cryptozoology

Gambo

(Gambo, Ilustrasi oleh Owen Burnham.)

"Gambo" adalah nama yang diberikan kepada bangkai binatang laut besar yang tak dikenal dilaporkan terdampar di Bungalow Beach di Gambia


Bangkai dari Gambo dilaporkan ditemukan oleh Burnham Owen 15 tahun dan keluarganya pada pagi hari 12 Juni, 1983. Owen, penggemar satwa liar, memutuskan untuk mengambil pengukuran dan kemudian membuat sketsa karena ia tidak punya kamera saat itu. Menurut kesaksian kemudian, ia tidak berpikir untuk mengambil sampel sampai setelah dia menyadari bahwa dia tidak bisa mengidentifikasi dalam buku apapun. Menurut Owen, penduduk setempat menyebutnya sebagai "lumba-lumba".

Bangkai kemudian dipenggal oleh warga setempat, dan kepala dijual ke turis. Tubuhnya kemudian dimakamkan dan upaya untuk relokasi itu gagal. 


Setelah tiga tahun Owen menemukan bangkai itu, surat kabar  mempublikasikannya dan menarik perhatian seorang cryptozoologist, Karl Shuker(kiri) yang meminta informasi lebih lanjut tentang bangkai itu. Menurut Owen, bangkai menunjukkan sedikit atau tidak ada tanda-tanda  mengalami dekomposisi dan memiliki ukuran sekitar 15 kaki (4,6 m) untuk panjangnya. Berwarna cokelat pada bagian atas dan putih pada bagian bawah, dan memiliki kulit yang halus.  

Pengukuran dan ciri-ciri spesifik  :

Kepala sepanjang 4,5 kaki (1,4 m), paruh atau moncongnya  sepanjang 2,5 kaki (0,76 m) dengan lebar 5,5 inci,  Gigi 5 inci (130 mm) , gigi berbentuk kerucut. Sepasang lubang hidung kecil hadir di ujung paruh./moncong, memiliki mata kecil, sepasang sirip depan sepanjang  1,5 kaki (0,46 m) dengan lebar 8 inci (200 mm). Salah satu sirip belakang rusak parah dan hampir robek, memperlihatkan sebagian usus. Tubuh berair dan kembung sepanjang 6 kaki (1,8 m) dengan keliling 5-kaki (1,5 m). Ekor sepanjang 1,5 m. 

Pendapat Para Ahli

Chris Orrick

Cryptozoologist Chris Orrick mengungkapkan bahwa bangkai yang diduga adalah Shepherd's beaked whale .

Namun anehnya pendapat beliau tidak masuk akal bagi saya, karena paus jenis ini tidak hidup diperairan Gambia dan sekitarnya.

 Loren Coleman dan Patrick Huyghe

 Loren Colenman

Loren Coleman dan Patrick Huyghe berspekulasi bahwa mungkin saja bangkai Gambo yang disebutan adalah spesies dari Beaked Whale yang tidak diketahui. 

Spekulasi lain yang dimunculkan adalah bangkai dari semacam reptil prasejarah yang tersisa. Shuker juga mengungkapkan Pliosaur atau Buaya Thalattosuchian bisa saja menjadi aktor dibalik penampakkan Gambo, tetapi kemudian disebut sebagai Moasurs terakhir. Namun penduduk setempat lebih condong mengatakannya sebagai lumba-lumba. Gambo juga dilaporkan mirip dengan buaya dan Sea Serpent.

Aktor di Balik Penampakkan Gambo




Penutup

Pembaca yang mengetahui spesies  Gambo ataupun tersangka Gambo di pantai Guinea, mohon klarifikasinya :D . Karena semua yang saya tampilkan hanya bersifat dugaan dan masih lemah atas bukti-buktinya.

Written By : uni-object.blogspot.com (UNIVERSAL) Andika Hermawan as the Author.

19 comments:

  1. gambo digambarkan mirip sea serpent tapi yg di pantai guinea kok lebih mirip kura2 ya??....ngomong2 saya ngeliat foto hewan itu mirip roti bakar..wahaa

    ReplyDelete
  2. Yg trdmpar d guinea g jls deh,jd g tw deh itu apaan..
    :3

    ReplyDelete
  3. Mungkin saja ukuran bangkai itu membesar akibat terlalu lama berada dilaut,
    Yang menurut saya aneh, bangkai tersebut terdampar cukup jauh dari laut, seberapa besar arus laut yang dibutuhkan untuk membawa bangkai sebesar itu ke tempat yang cukup jauh dari tepi laut.
    Oh ya Dik, apakah sampai sekarang belum ada publikasi mengenai susunan tulangnya? seharusnya kan bisa dikethui makhluk apa itu dari susunan tulangnya

    ReplyDelete
  4. @Vahn Saryu, Sebetulnya pihak Centre for Fortean Zoology sudah ingin mencari jejak2 tulangnya sayang ekspedisi mereka gagal. Sumber tentang gambopun sangat sedikit, bahkan pihak wikipedia cuma bisa menampilkan 2 link rujukan lainnya.

    ReplyDelete
  5. Hmm..cukup aneh ya, bangkainya ada, tapi kok tulangnya nggak ada, haha

    ReplyDelete
  6. kayaknya saya setuju penddapatnya chris Orrick, hehehe

    ReplyDelete
  7. @Vahn Saryu, sebetulnya bangkai di Guinea itu hanya dugaan saya saja sebagai Gambo.

    Mengenai tulang yang tidak ditemukan betul2 sejarah Gambo. Bisa saja tulang itu hilang karena mengingat kejadiannya baru ter-expose selama 3 tahun. Kemungkinan tempat tulang semula telah tercerai berai, sehingga tidak tahu kemana rimbanya.

    ReplyDelete
  8. iya bener2 apalagi foto yang pertama
    beneran kayak roti bakar
    lol..

    ReplyDelete
  9. itu roti bakar kali. atau ikan duri lunak?

    ReplyDelete
  10. bisa jadi kalo itu spesies Beaked Whale atau hewan purba yang masih hidup

    ReplyDelete
  11. maaf gak punya akun kenalkan nama saya Rony.
    Kalo menurut saya bangkai hewan yang terdampar itu bisa jadi paus yang terlahir cacat, sayang bangkai ditemukan sudah dalam keadaan rusak.

    ReplyDelete
  12. mungkin itu kucing persia berukuran besar

    ReplyDelete
  13. sprti hewan object experimen

    ReplyDelete
  14. Wadawwwhh...
    Apaan tuuu...
    kok kayak tumpukan sampah yaa...
    Spesies yg anehh... :D
    Mampir tempat ane jg yaa gan...
    Ditunggu..

    ReplyDelete
  15. Menurut hipotesis saya gambo sebetulnya spesies ikan biasa atau mungkin hanya ikan pari. Nanun karena mungkin terlalu lama di air ia membusuk dan air memasukki tubuhnya sehingga tubuhnya menjadi beronnga dan membuatnya berlubang sehingga dapat menyingkirkan tulangnnya.

    ReplyDelete

Peraturan :

1.Berilah komentar yang beretitut, intelek, dan membangun. Mari ciptakan sikap toleransi antar SARA dan hindari Provokatif.

2.Silahkan Copy Paste tapi sertakan Linkback.