Tuesday 17 August 2010

UNIVERSAL : Wajah di Gunung Manchu Pichu, Bukti HOAX

Kemajuan Teknologi sering sekali menjadi ajang untuk menipu khalayak ramai. Begitupun dengan beberapa media pustaka yang menyebarkan berita tersebut. Salah satu wujud dari penipuan itu adalah manipulasi photo Gunung Berbentuk Wajah di salah satu situs peninggalan sejarah dunia. MANCHU PICHU.


Gambar ini adalah HOAX yang sangat mudah dikenali. Karena bagi saya tidak mungkin relief alam bisa membentuk detail wajah dengan sangat halus.

Saya yakin sekali bentuk dasar gambar (form) di ambil dari Manchu Pichu. Namun sesungguhnya gunung di Manchu Pichu tidak memiliki relief gunung dengan detail wajah sehalus gambar diatas.

Silahkan kalian masuk ke Google Earth atau aplikasi sejenis atau masuk kedalam world-mysteries.com.

Disana kita bisa melihat bagaima sesungguhnya  perbedaan relief gunung di Situs Manchu Pichu diatas.

Perbandingan

  
Disini kita bisa melihat perbedaan mencolok antara kedua gambar.
1. Pada Gambar pertama terlihat barisan bukit-bukit dibelakang objek gunung berbentuk wajah sedangkan gambar yang kedua tidak (Garis Kuning).
2. Posisi dahi sampai kehidung memang memiliki kemiripan.
3. Posisi hidung pada gambar kedua memiliki cekungan  pada objek berbentuk hidung yang terlalu rendah dan membengkok daripada gambar pertama.
4. Sebelah kiri hidung (kanan ke kiri) tidak memiliki kemiripan sama sekali. Pada gambar kedua terlalu tinggi.
Gambar diatas diambil dari sudut yang sama dan ketinggiannya juga hampir sama. Bayangan bagaimanapun tidak akan membuat tanah meninggi dan menghilangkan panorama bukit-bukit di belakangnya. kecuali jika tanah di Manchu pichu pernah Lonsor
 Gambar Sebenarnya




Google Earth

 
Lihatlah dari sudut manapun kita tidak akan melihat deail wajah pada gunung di situs Manchu Pichu ini
 
Penutup


Saya simpulkan photo pertama sebagai HOAX. Untuk pendapat lain saya menerimanya dengan gerbang yang dibuka lebar-lebar.

Baca Juga : To find another paths

Written By : uni-object.blogspot.com (UNIVERSAL) Andika Hermawan as the Author.

Source : Telah diterterakan dalam tulisan

41 comments:

  1. "sesungguhnya gunung di Manchu Pichu tidak memiliki relief gunung dengan detail wajah sehalus gambar diatas."

    Mungkin relief gunungnya tidak mengakibatkan begitu, tapi bayangannya yang membuatnya demikian..Jadi, jika ada foto lain soal manchu pichu, besar kemungkinan cahaya mataharinya tidak akan sama seperti saat cahaya matahari membentuk bayangan di gunung Manchu Pichu saat difoto hingga berbentuk seperti wajah..Apakah Anda bisa memahami apa yang saya katakan?

    ReplyDelete
  2. @Mohammad Reza, Coba saja lihat photo Panoramio yang ke-2 Sudutnya sama betul. Coba lihat saja untuk bagian mulut di photo pertama(lebih tinggi) dan photo lainnya(lebih rendah) berbeda. Saya rasa tidak akan ada yang pengaruh bayangan disana.

    @Junjung, tidak apa??

    ReplyDelete
  3. Oh saya rasa berpengaruh deh, matahari letaknya tidak mesti sama persis, saya rasa, untuk memecah kebuntuan, ada baiknya kamu cari sumber refrensi soal kebenaran foto itu, kalau cuma membandingkan foto dengan foto yang lain, saya rasa masih rentan dibantah...

    ReplyDelete
  4. http://www.moillusions.com/2006/04/machu-picchu-illusion.html

    Link tersebut adalah web kumpulan optical Illution...

    Jadi kesimpulan saya ialah : Foto itu asli, tidak buatan. Kenapa terlihat demikian? Karena adanya cahaya Matahari yang secara kebetulan membentuk gunung tersebut seperti bentuk wajah. Kenapa saya katakan kebetulan, karena kebetulan mustahil sampe lebih dari dua kali. Jika lebih dua kali, maka kita sudah melihat foto wajah manchu pichu sebanyak lebih dari satu dan kesemuanya berbentuk wajah manusia.

    Jadi intinya, mengenai kebesaran Tuhan, hendaknya kita tidak boleh langsung percaya dengan gambar visual bila tidak ada bukti yang kuat.

    ReplyDelete
  5. @Mohammad Reza, oke sudah saya lihat terima kasih. Coba anda lihat pengkategorian gambar itu. "Spot The Object". Pada kategori "Spot The Object" banyak sekali gambar yang memang sengaja dimanipulasi, seperti lukisan2 dll.

    Bagi saya foto itu tetap HOAX kecuali jika anda bisa menunjukkan panorama sudut2 Manchu Pichu dari situs yang terpecaya. :D

    Terima Kasih, kritis sekali hahaha

    ReplyDelete
  6. Hmm..
    Maaf nih bro andika..
    Sebenarnya saya kurang sependapat mengenai 'Hoax' kali ini..
    Apa yg dikatakan bro reza kurang lebih sama seperti alasan yg ingin saya kemukakan..
    Karena bagi saya, spot relief yg terbentuk itu alami dan memang begitu adanya.. :)
    Oh ia, informasi saja .. Bukan hanya spot relief manchu pichu saja yg berbentuk demikian.. Ada juga pegunungan-pegunungan/bukit yg memiliki spot relief seperti yg tidak kita duga loh.. :p
    Anyway, nice article bro.. :)

    ReplyDelete
  7. @hawkson, tidak usah minta maaf hahaha

    Oke kalau begitu bisakah bang Hawkson menunjukkanya kepada saya dan beri penjelasan ilmiah.

    ReplyDelete
  8. Ok bro.. :)
    Beri saya waktu, saya akan mencoba memberikan beberapa bahan referensi'nya kepada anda.. (sebagai pertimbangan dan perbandingan...)

    ReplyDelete
  9. 1. Pada Gambar pertama terlihat barisan bukit-bukit dibelakang objek gunung berbentuk wajah sedangkan gambar yang kedua tidak.

    2. Posisi dahi sampai kehidung memang memiliki kemiripan.

    3. Posisi hidung pada gambar kedua memiliki cekungan pada objek berbentuk hidung yang terlalu rendah dan membenkok daripada gambar pertama.

    4. Sebelah kiri hidung (kanan ke kiri) tidak memiliki kemiripan sama sekali.

    Bro, sudah saya katakan berkali-kali, sudut boleh sama (walaupun foto yang anda tunjukkan sudutnya juga nggak sama), tapi moment mengambilnya pasti beda..sayang sekali, saya kurang yakin

    ReplyDelete
  10. @Andika, kali ini saya setuju dengan Hawkson dan Reza. Foto itu bukan hoax. Foto yang kamu tampilkan sebagai pembanding memiliki perbedaan sudut pandang. Walau kecil, tapi bisa membawa perbedaan besar. Coba cek, ini sumber foto aslinya:

    http://www.toddadams.net/images/wallpaper/hires/Machu%20Picchu,%20Peru.jpg

    Foto itu diambil oleh fotografer bernama Todd Adams. Terlihat, sama persis kok dengan wajah.

    ReplyDelete
  11. @enigma, saya kalah suara hahaahaha

    Saya sadar kok foto asli juga mirip wajah. Tapi detail antara hidung dan sampai dagu itu berbeda jauh sekali. Apalagi panorama bukit di belakangnya.

    Saya masih yakin ada campur tangan Photo Shop

    ReplyDelete
  12. sangat mirip sekali gambarnya dengan link yang di berikan enigma..

    ReplyDelete
  13. Tapi, paling tidak kita semua sudah dapat pelajaran berharga dari diskusi ini : hendaknya tidak langsung menjudge sesuatu itu adalah A ato B..

    Dengan begini, kita semua bisa belajar untuk mendapatkan sumber refrensi lebih banyak untuk sebuah kesimpulan yang benar atau mendekati benar

    ReplyDelete
  14. Meski pendapat pribadi saya mengatakan ini hasil editan sejak tahun 2005 tapi saya jadi penasaran,..okelah mari kita kelokasi.Hasil pencarian akan saya publish lewat tengah malam ini.

    ReplyDelete
  15. saya emang masih belum ahli photoshop n cara ngebedainnya
    jd saya gak ikut2.an blg ini hoax ato bukan ya (hehehe, maap)
    i just wanna say,
    saya suka pemandangannya, kpan2 pngen kesana ah
    entah kapan

    mari tukeran link
    http://ianfile-memories.blogspot.com/

    link blogmu udah aku pasang

    ReplyDelete
  16. benar ato tidaknya foto tsb, tidak ada hubungan dengan keajaiban Tuhan(tetapi memang ciptaanNya) karena gunung itu tidak berbentuk wajah manusia. cuma citra yang ditangkap mata kita yang melihatnya seperti wajah manusia.
    ggak salah sih jika ada yang menilai ini disebut keajaiban tuhan, namun jika demikian, maka banyak hal lain yang bakal disebut keajaiban juga.
    jadi bahasa gampangnya standard untuk masuk kategori keajaiban tuhan itu menjadi lebih gampang. jadi sedikit2 udah disebut keajaiban, sedikit2 udah disebut keajaiban..
    tapi tetap saja menurut saya pandangan tentang keajaiban Tuhan itu sebaiknya dimiliki sendiri2. bagi saya, bisa sekolah sejauh ini, mengenal teman2 dengan beraneka karakter, menyaksikan blog2 misteri indonesia berkembang sejauh ini, itulah keajaiban menurut saya.
    Anda bagaimana?

    @Universal, ditunggu tulisan ttg kontraversi Creationist-nya

    ReplyDelete
  17. setuju ma andika,, si pengedit ingin memperjelas gambar wajah dipegunungan itu.. abis senyum si wajah bgus bgt, kayak monalisa ia kan bro?? hehhe

    ReplyDelete
  18. jangan jadi orang amerika dong lo.......... kita ini bangsa timur.. bukan bangsa barat yang cuma ngandalin logika......... ingat bro...lo salahh

    ReplyDelete
  19. @sandy, sebetulnya gambar yang diberika enigma sudah ada di artikel ini.

    @PHENOMENA, Terima kasih bro

    @KraKen, Terima kasih Om Haryadi T-T. Akhirnya ada yang membantu saya. Saya juga masih berusaha membuktikkan kebenarannya.

    @Arfian, Sudah bro Thanks.

    @Anonim (17), saya mungkin tidak akan melanjutkann ya lagi bro.

    @vhanz, HAHA ada2 saja bro Vhanz :D.

    @toros, Bagi saya orang barat dan timur memiliki hak yang sama. Jadi tidak ada larangan bagi saya untuk memposting artikel ini :D.

    ReplyDelete
  20. wakakakakakakakakaka.....adik saya Andika....ini bukan hoax....ini namanya Pareidolia.....coba, cari tahu artinya.....entar ngerti maksud saya..
    oh ya...satu lagi...try more deep research..before writing....!! kasihan juga kalau entar tulisan loe dianggap asal...biar lebih pro...hehehehehehehe

    ReplyDelete
  21. @mbah ware, Saya sudah lihat di wikipedia. Oh ya masuk akal juga.

    Tapi ada yang meleset sedikit. Contohnya wajah di Mars, relief itu bisa terbentuk karena resolusi dan kerusakan file. Lagipula wajar kalau bayangannya yang seolah-olah membuatnya tampak memiliki cekungan seperti mata, karena diambil dari atas, bukan samping. Nah, masalahnya berbeda di Manchu Pichu ini. Mulai dari Background bukit dibelakang dan penampakkan gunungnya sendiri sangat berbeda.

    Lagi pula sampai saat ini belum ada yang menemukan Web resmi dari Machu Pichu ataupun Web resmi lainnya.

    ReplyDelete
  22. Wah, saya cuma ketemu ini nih....masih kurang memuaskan.
    http://www.slideshare.net/Blogante/foto-de-machu-picchu

    ReplyDelete
  23. Wah ramee..seru2..
    :3
    Mnrt eke gunungnya asli..

    ReplyDelete
  24. @KraKen, Om Haryadi !!!!!. Anda adalah the best hahaha. Saya kembali PD!!!. Lagipula kalau begitu The Bestnya photo wajah di Manchu Pichu itu, mustahil tidak diambil sebagai lambang Manchu Pichu atau setidak-tidaknya website resmi yang berhubungan pasti telah memasangnya.

    @harits indi pradana, Menurut eke asli :D oke, alasannya :D hehehe

    ReplyDelete
  25. ternyata netter luar negeri juga kelimpungan nyari website resminya bro,.coba pantau apa kata mereka di forum berikut,..ampe abis bacanya biar klop.

    http://www.travelpod.com/forums/lofiversion/index.php/t15028.html

    ReplyDelete
  26. kiky sii john titor said :: saya lebih sepakat dengan bro andika,karena terlihat bentuk hidung hingga dagu terlihat begitu berbeda, tetapi photo yang menampakan wajah (photo ke-2 pada perbandingan) sayapun hingga saat ini tidak melihat adanya hasil photosop, saya juga sedikit bingung kedua photo itu berbeda.

    ReplyDelete
  27. wah bagus nih artikelnya..ga ada halangan juga sih kalau memang benar-benar berbentuk spt patung manusia..haduh gua pengen banget macchu picchu keren..romantis banget tempatnya meski terpencil hehe

    ReplyDelete
  28. Hmm...Rame banget ya, he..he..he
    Nggak komen soal artikelnya, cuma mau dukung bloggernya, tetep sehat, tetep semangat, supaya kita bisa baca dan menikmati postingan anda lagi, xixixi..
    Ayo bro, posting lagi, jangan patah semangat karena komen2 kritis, hal tersebut wajar saja karena memang inilah resiko blog misteri karena kita berusaha mengungkap fakta dibalik bukti yang minim :)

    ReplyDelete
  29. @kiky sii john titor, Sayapun sebetulnya masih terjebak ada atau tidaknya hasil photoshop disana, karena ternyata setelah saya cek kehalusan gambarnya sangat bagus sekali. Namun yang pasti gambar itu saya yakin untuk saat ini sebagai HOAX. Karena Web resminya belum ditemukan.

    @LEFT THINKERS, Romantic Man dong :D

    @Vahn Saryu, Saya semangat :D

    ReplyDelete
  30. Ohya, karena sudah rame, saya ingin menambahkan. Pertama, Andika sama sekali tidak salah kalau berpikiran ini hoax. Tidak ada hubungan dengan skeptis atau tidak atau menyangkal keajaiban Tuhan atau tidak. Foto itu bisa saja mendapatkan sentuhan fotoshop, misalnya dengan mengubah warna atau menambahkan sedikit tekstur supaya lebih jelas dll, walaupun mungkin tidak ekstrim.

    Malah bagus kan postingan berbeda pendapat, soalnya jadi bisa diskusi.

    @Toros: Membuat kesalahan itu baik, karena dari situ kita bisa belajar mengetahui kebenaran. Ingat Thomas Alva Edison (Saya tidak bilang Andika salah lho ya).

    ReplyDelete
  31. LMF>>>Saya makin semangat mampir di blog ini.. good posting mr andika..Goooooooo! !!

    ReplyDelete
  32. @enigma, Terima kasih bang, saya setuju kalau gambar detail relief "wajah" di Manhu Pichu itu tidak murni.

    @LMF>>>, Thanks, mampir terus ya :D

    ReplyDelete
  33. udah slese kan?

    ya udah, sekarang waktunya nulis post baru!!!
    go!

    ReplyDelete
  34. bro tambah kolom latest comment ya. kayak di left thingker...
    pliss.......!

    ReplyDelete
  35. @Anonim (36), saya lagi cari bahan :D

    @Anonim(37), Iya nanti :D, kalau saya ngerti. Lagipula kolomnya gak muat lagi hehehe

    ReplyDelete
  36. Sangat terlihat sekali hoaxnya, saya lihat di world-mysteries gambar memang terlihat tidak seperti wajah seorang manusia.

    ReplyDelete

Peraturan :

1.Berilah komentar yang beretitut, intelek, dan membangun. Mari ciptakan sikap toleransi antar SARA dan hindari Provokatif.

2.Silahkan Copy Paste tapi sertakan Linkback.